PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL MATA PELAJARAN IPA KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH SUKABUMI
Main Article Content
Raihan Salsabila Fitri Khadar
Dadan Rahmat
Luthpi Saepuloh
Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran komik digital pada peserta didik kelas VII di SMP Muhammadiyah Sukabumi dalam mempelajari materi Tata Surya pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg & Gall. Model Borg & Gall terdiri dari sepuluh prosedur, tetapi hanya dilakukan sampai dengan tahap ketujuh, yaitu revisi produk. Media ini di validasi oleh ahli materi dan ahli media. Setelah validasi, dilakukan uji coba terhadap seluruh peserta didik kelas VII di SMP Muhammadiyah Sukabumi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini berupa media pembelajaran komik digital yang dapat dipelajari secara online dan offline melalui smarthphone dan komputer. Media ini mendapatkan penilaian positif dari para validator dengan presentase skor 79,2% dari ahli materi, dan 81% dari ahli media, keduanya termasuk pada kategori sangat layak. Dalam uji usabilitas kepada peserta didik mendapat rerata skor sebesar 6 dari skala 7 termasuk dalam kategori sangat layak.
Ahmad, H. A. (2009). Kenapa Komik Digital. catatan (dulunya).
Arikunto, S. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, A. (2009). Media Pendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Asyhar, R., & Harjono, H. S. (2012). Pengembangan Media Audio-Visual Pembelajaran Lari Jarak Pendek Untuk Siswa Smp. Jurnal Tekno-pedagogi, 2(1).
Borg and Gall. 1993. Educational Research, An Introduction. New York and London : Longman Inc.
Borg, W.R. and Gall, .M.D. 2007. Educational Research: An Introduction (8thEdition). New Work: Longman Inc.
Darmawan, D. (2016). Mobile learning sebuah aplikasi teknologi pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Ekayani, P. (2017). Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1-11.
Gay, L. R. 1991. Educational Evolution and Measurement: Competencies for Analysis and Application, Second Edition. New York: Macmillan Publishing Company
Gumelar, M.S. 2011. Comic Making. Jakarta: Indeks.
Hamalik, O. (1986). Sistem pengelolaan kelas. Bandung: Pustaka Martiana.
Haryati, S. (2012). Research and Development (R&D) sebagai salah satu model penelitian dalam bidang pendidikan. Majalah Ilmiah Dinamika, 37(1), 15.
Lewis, J.R.: IBM Computer Usability Satisfaction Questionnaires: Psychometric Evaluation and Instructions for Use. Interational Journal of Human-Computer Interaction 7(1), 57-58. 2016:Hal.34-39
Mansyur, M. Z., ... & Iskandar, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Pakpahan, A. F., Ardiana, D. P. Y., Mawati, A. T., Wagiu, E. B., Simarmata, J., Pribadi, Benny A. Model Assure untuk Mendesain Pembelajaran Sukses. Jakarta: Dian Rakyat. 2011. Publishing Company.
Riana, C. (2012). Media Pembelajaran. Komputer Dan Media Pendidikan Di Sekolah, 1-38.
Siregar, A., & Siregar, D. I. (2021). Analisis Evaluasi Pengembangan Media Komik Digital Pada Mata Pelajaran Ipa Sekolah Dasar. Jurnal Sistem Informasi (Jasisfo), 2(1)
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta
Sukmanasa, E., Windiyani, T., & Novita, L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kota Bogor. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 3(2), 171-185.
Sumihaarsono, R., & Hasanah, H. (2017). Media Pembelajaran (p. 1). Mataram: Pustaka Abadi.
Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2015, November). Pengembangan buku ajar model penelitian pengembangan dengan model ADDIE. In Seminar Nasional Riset Inovatif IV (Vol. 208).
Widodo, W., Rachmadiarti, F., & Hidayati, S. N. (2017). Ilmu pengetahuan alam SMP/MTs Kelas VII semester 2.
Widoyoko, E. P. (2015). Learning Program Evaluation: A Practical Guide For Teachers and Educators Candidate. Yogyakarta: Student Library.
Yaumi, M. (2017). Ragam Media Pembelajaran: dari Pemanfaatan Media Sederhana ke Penggunaan Multi M